Jumat, 04 Maret 2011

PENGETAHUAN TENTANG TUHAN .. ALLAH


" Apa salah dengan kerohanianku? Kenapa aku tidak mempunyai damai dan kegembiraan yang dimiliki orang Kristen lainnya?" Saya tidak bisa lagi menghitung banyaknya orang-orang yang menanyakan pertanyaan seperti itu selama pelayanan saya. Mereka sudah membaca Alkitab yang seharusnya mempunyai " kegembiraan yang tak dapat dilukiskan dan penuh dengan kemuliaan" ( 1 Petrus 1:8), tetapi mereka tidak bisa membayangkan apa itu pengalaman Kristen. Jika mereka menulis suatu acuan hidup Kristen itu akan lebih seperti " kemuraman yang tidak tertahan dan penuh dengan keraguan."


Ada banyak faktor dalam Alkitab yang bisa mempengaruhi kesejahteraan rohani kita, tetapi satu hal yang pasti pengenalan Tuhan secara pribadi, adalah satu faktor utama. Keuntungan pengenalan Tuhan pengetahuan sangat luar biasa. Kita akan bicara lebih banyak tentang itu bersama dengan masing-masing atributnya, tetapi mari kita pertimbangkan beberapa keuntungan umum sebelum kita mulai, agar supaya kita mempertajam selera rohani kita dan membangunkan dahaga kita untuk Tuhan. Di sini ada sebagian hal baik yang akan kita nikmati saat pengetahuan kita akan bertumbuh.

Petrus berkata, Kasih karunia dan damai sejahtera melimpahi kamu oleh pengenalan akan Allah dan akan Yesus, Tuhan kita.( 2 Petrus 1:2).Tidak ada akhirnya berkat dari pengenalan akan Tuhan.Seperti kata Petrus, Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib( 2 Petrus 1:3).




mengenali Tuhan merupakan aspek yang paling utama dari kehidupan kekristenan kita. Apa lagi yang kita tunggu? Marilah kita mulai untuk bertumbuh dalam pengenalan akan Dia.

Tindakan Untuk Dilakukan !! Mulai untuk lebih sering memikirkan Tuhan disepanjang hari. Pada setiap situasi baru, tanyakan diri anda,“Apa perbedaan yang bisa aku buat jika aku mengenal cara pandang Tuhan atas hal ini? Bagaimana seharusnya aku berespon jika aku benar-benar mengenal Tuhan?

Tak kenal maka tak sayang, tak begitu kenal maka tak begitu sayang, kira-kira begitulah pepatah lama menyatakan ada hubungan antara saling mengenal dan rasa sayang. Setidaknya dalam Alkitab ada 15 kali ditemukan kata pengenalan akan ALLAH, dan ada 13 arti yang berbeda-beda yang dapat memimpin kita untuk mengerti arti dari pengenalan akan ALLAH.

1. Bagaimana mengenal ALLAH, belajar lewat Firmanya

Num 24:16 tutur kata orang yang mendengar firman Allah, dan yang beroleh pengenalan akan Yang Mahatinggi, yang melihat penglihatan dari Yang Mahakuasa, sambil rebah, namun dengan mata tersingkap.

2. Pengenalan akan ALLAH adalah sumber dari pengetahuan dan hikmat, karena ALLAH adalah sumber dari hikmat dan kebijaksanaan. Raja Salomo menyelidiki dengan seksama mengenai permulaan dari hikmat dan kebijaksanaan, dan akhirnya ia mendapati bahwa dengan mencari pengertian tentang takut akan TUHAN dan mendapat pengenalan akan ALLAH, maka diperoleh hikmat dan kebijaksanaan.

Pkh 2:5 maka engkau akan memperoleh pengertian tentang takut akan TUHAN dan mendapat pengenalan akan Allah.

3. Pengenalan akan ALLAH adalah roh, dalam bahasa Ibraninya disebutkan ; rûach
roo'-akh
From H7306; wind; by resemblance breath, that is, a sensible (or even violent) exhalation; figuratively life, anger, unsubstantiality; by extension a region of the sky; by resemblance spirit, but only of a rational being (including its expression and functions): - air, anger, blast, breath, X cool, courage, mind, X quarter, X side, spirit ([-ual]), tempest, X vain, ([whirl-]) wind (-y).

the spirit of wisdom and understanding; which appeared in his disputation with the doctors; in his answers to the ensnaring questions of the Scribes and Pharisees; in the whole of his ministry; and in his conduct at his apprehension, trial, condemnation, and death; as also in the wisdom, knowledge, and understanding he imparted to his disciples, and does more or less to all his people:

Yes 11:2 Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN;

4. Pengenalan akan ALLAH dimaksudkan untuk ”simulasi” bagi setiap warga kerajaan ALLAH untuk kelak hidup dalam tempat yang telah ALLAH sediakan (Bukit Sion)

Yes 11:9 Tidak ada yang akan berbuat jahat atau yang berlaku busuk di seluruh gunung-Ku yang kudus, sebab seluruh bumi penuh dengan pengenalan akan TUHAN, seperti air laut yang menutupi dasarnya.

5. Pengenalan akan ALLAH menimbulkan kesetiaan dan kasih, setiap orang percaya yang mempunyai pengenalan akan ALLAH maka dalam hidupnya terpancar kasih dan kesetiaan

Hos 4:1 Dengarlah Firman Tuhan, hai orang Israel, sebab TUHAN mempunyai perkara dengan penduduk negeri ini, sebab tidak ada kesetiaan dan tidak ada kasih, dan tidak ada pengenalan akan Allah di negeri ini.

6. Pengenalan akan ALLAH menghasilkan ketidakbinasaan, baik dalam kehidupan saat ini maupun di setelah kehidupan di bumi ini,

Hos 4:6 Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; karena engkaulah yang menolak pengenalan itu maka Aku menolak engkau menjadi imam-Ku; dan karena engkau melupakan pengajaran Allahmu, maka Aku juga akan melupakan anak-anakmu.

7. Pengenalan akan ALLAH menimbulkan kesukaan di hati ALLAH, ALLAH bahkan lebih menyukai pengenalan akan Diri-Nya dibanding korban-korban tangan kita, karena banyak dari umat-Nya menganggap bila sudah mempersembahkan sesuatu berupa materi atau waktu untuk pelayanan maka itu sudah cukup menyenangkan bagi ALLAH, namun tetap hidup tidak berpadanan dengan Injil

Hos 6:6 Sebab Aku menyukai kasih setia, dan bukan korban sembelihan, dan menyukai pengenalan akan Allah, lebih dari pada korban-korban bakaran.

8. Pengenalan akan ALLAH dihalangi oleh Iblis beserta laskar-laskarnya, Iblis membangun suatu sistem nilai seperti nilai-nilai materialistis yang bahkan sudah masuk gereja dengan teologi kemakmuran, filsafat dan media apapun

2 Kor 10:5 Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada KRISTUS,

9. Pengenalan akan ALLAH, membutuhkan komitmen total, setiap orang percaya harus melepaskan sestau yang dianggap paling berharga untuk “digantikan” dengan pengenalan ALLAH melalui pribadi YESUS KRISTUS, Tuhan dan Juruselamat kita

Fil 3:8 Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan KRISTUS YESUS, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh KRISTUS,

10. Pengenalan akan ALLAH, merupakan anugerah yang tidak bisa tidak direspon dengan benar, meresponinya dengan hidup saleh dan berguna bagi TUHAN dan orang sekitarnya.

2Ptr 1:3 Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib.

11. Pengenalan akan ALLAH, merupakan suatu proses yang terus menerus dan dituntut sebuah konsistensi. Jika tidak maka kecemaran-kecemaran dunia akan selalu mengoda setiap orang percaya yang sudah masuk dalam zona pengenalan akan ALLAH dan sudah hidup dalam pengenalan tersebut, namun seperti istri Lot “ yang selalu melihat kebelakang”, maka keadaannya akan semakin parah daripada sebelum ia mengenal ALLAH, untuk itu perlu komitmen untuk bmengabungkan diri dalam sebuah komunitas pendukung dan penguat ketika lemah atau sebaliknya ketika yang lain lemah kita yang menguatkan

2Ptr 2:20 Sebab jika mereka, oleh pengenalan mereka akan Tuhan dan Juruselamat kita, YESUS KRISTUS, telah melepaskan diri dari kecemaran-kecemaran dunia, tetapi terlibat lagi di dalamnya, maka akhirnya keadaan mereka lebih buruk dari pada yang semula.

12. Pengenalan akan ALLAH, adalah suatu “indikasi pertumbuhan” bagi setiap orang percaya. Banyak orang mungkin salah tafsir, pengenalan akan ALLAH tidak hanya mencakup belajar teologi secara formil atau otodidak, lebih dari itu, walaupun untuk bertumbuh semakin kuat dan dewasa, dibutuhkan “makanan keras”, namun pengenalan akan ALLAH tidak hanya “belajar” untuk memahami ALLAH lewat “teks-teks” adakalanya proses dalam kehidupan, baik itu masalah, sakit penyakit, konlfik adalah “pembelajaran” yang nyata dari ALLAH untuk kita bertumbuh

2Ptr 3:18 Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, YESUS KRISTUS. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.

13. bagaimana membuat pengenalan kita akan ALLAH berhasil, Rasul Petrus menyingkapkan, pertama kita harus memiliki iman, dan lewat iman kita belajar berbuat kebajikan dengan menjauh dari hawa nafsu duniawi, kemudian leat kebajikan kita mencari pengetahuan lebih dalam mengenai iman dan perbuatan kebajikan,

2Pe 1:8 Sebab apabila semuanya itu ada padamu dengan berlimpah-limpah, kamu akan dibuatnya menjadi giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan YESUS KRISTUS, Tuhan kita.

Kenalilah pribadi yang telah menjadikan hidup kita berarti dan bahagia, tidak hanya mengenali apa yang bisa Allah lakukan dalam hidup kita namun lebih jauh ketika kita belajar untuk mengenali pribadinya maka pribadi kitapun terbentuk menjadi pribadi-Nya, sempurna seperti KRISTUS.


Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu (1 Tes 5:18). Maka marilah mengucap syukur atas hari ini, seberat apapun persoalanmu.Mari mengucap syukur karena pengenalan akan Allah lebih besar dari persoalan kita dan mengatasi kesulitan kita.

4 komentar:

  1. Hosea 4 :6 Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; karena engkaulah yang menolak pengenalan itu maka Aku menolak engkau menjadi imam-Ku; dan karena engkau melupakan pengajaran Allahmu, maka Aku juga akan melupakan anak-anakmu.

    Listen..siapapun bisa menjadi Allah, nah sekarang yg jadi pertanyaannya, siapakah Allah mu? apakah kamu mengenal-Nya? mengenal pribadi-Nya. .? siapakah dia? kepada siapakah kamu berdoa? kepada TUHAN? ALLAH pencipta langit dan bumi? Pencipta Manusia? ALLAH yang Maha Kuasa dan ESA!

    Ya, tapi siapakah DIA? Bagaimana wujud NYA? Bagaimana rupaNYA? apakah dia Zat? benda mati? hidup? atau bernyawa seperti Manusia? Allah yang seperti apa yang kau sembah selama ini? Zat? Zat yang bagaimana? lalu Apakah DIA allah yang Mati? atau ALLAH kita adalah ALLAH yang hidup?

    Bagaimana DIA menampakkan dirinya kepada para nabi-nabi? Bagaimana DIA berfirman? Bagaimana DIA dapat melihat? dengan apa? Lets Think!

    Maka ada baiknya, Kenali dulu siapa DIA..Siapa DIA yang selalu kita sembah? kepada siapa kita selalu berdoa dan berharap...kenali DIA, siapa Dia yang telah menciptakan kita (aku dan kamu) dan dunia ini, DIA yang mencintai dan mengasihi kita.

    Because you know what,guys..? ? karena Iblispun bisa menjadi Allahmu dan menjawab doamu.. jika Kamu tak mengenal ALLAH yang benar!

    karena Iblispun bisa menjadi Bapamu, karena Iblis adalah Bapa pendusta yang tidak akan segan-segan menyesatkanmu, Jika kamu tidak mengenal Pribadi ALLAH mu yang benar.

    Yoh 8:43-44 "Apakah sebabnya kamu tidak mengerti bahasaKU? Sebab kamu tidak dapat menangkap firmanKU. Iblislah yg menjadi Bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan Bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tdk hidup dlm kebenaran, sebab didalam dia tdk ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan Bapa segala dusta."

    BalasHapus
  2. I think that this is dasar yang terpenting yang harus kita sadarin sebelum akhirnya kita memperdebatkan masalah yg sifatnya sensitive dan kompleks seperti agama dan Tuhan...kenali dahulu siapa ALLAHmu...then you will know Who you /who we are?

    Alkitab mencatat mengenai orang-orang/ bangsa yang tidak mengenal ALLAH, sebagai berikut:

    Matius 5:47
    Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian?

    Matius 6:7
    Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan

    Matius 6:31-33
    Sebab itu jangan kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? apa yang akan kami minum? apakah yang akan kami pakai? Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu. tetapi carilah dahulu kerajaan ALLAH dan kebenaranNYA, maka semuanya itu akan ditambahkan bagimu.

    Roma 11:21
    Sebab sekalipun mereka mengenal Allah, mereka tidak memuliakan Dia sebagai Allah atau mengucap syukur kepada-Nya. Sebaliknya pikiran mereka menjadi sia-sia dan hati mereka yang bodoh menjadi gelap.

    Matius 15:8
    Hai orang-orang munafik, benarlah nubuat nabi Yesaya yang berkata: Bangsa ini memuliakan AKu dengan bibirnya padahal hatinya jauh daripadaku, Percuma mereka beribadah kepadaKU sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia

    Yesaya 29:13
    Dan Tuhan telah berfirman: Oleh karena bangsa ini datang mendekat dengan mulutnya dan memuliakan AKU dengan bibirnya, padahal hatinya menjauh daripadaKu dan ibadahnya kepadaKU hanyalah perintah manusia yang dihafalkan.maka sebab itu, sesungguhnya AKU akan melakukan pula hal-hal yang ajaib kepada bangsa ini, keajaiban yang menakjubkan hikmat orang-orangnya yang berhikmat akan hilang dan kearifan orang-orangnya yang arif akan tersembunyi

    Titus 1:16
    Mereka mengaku mengenal Allah, tetapi dengan perbuatan mereka, mereka menyangkal DIA. Mereka keji dan durhaka dan tidak sanggup berbuat sesuatu yang baik.

    Roma 11:21
    Sebab sekalipun mereka mengenal Allah, mereka tidak memuliakan Dia sebagai Allah atau mengucap syukur kepada-Nya. Sebaliknya pikiran mereka menjadi sia-sia dan hati mereka yang bodoh menjadi gelap.

    BalasHapus
  3. Lukaspun mencatat hal ini saat Yesus telah datang kedunia. Jesus berkata kepada para muridNYA dalam :

    Lukas 18:31-34
    Yesus memanggil kedua belas murid Nya, lalu berkata kepada mereka: "Sekarang kita pergi ke Yerusalem dan segala sesuatu yang ditulis oleh para nabi mengenai Anak Manusia akan digenapi. sebab Ia (baca: Yesus) akan diserahkan kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, diolok-olokkan, dihina dan diludahi, dan mereka menyesah dan membunuh Dia, dan pada hari ketiga Ia akan bangkit." Akan tetapi mereka sama sekali tidak mengerti semuanya itu; arti perkataan itu tersembunyi bagi mereka dan mereka tidak tahu apa yang dimaksudkan.

    Inilah yang mengejutkan, Jesus sendiri berkata bahwa Dia akan diserahkan kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal ALLAH. Perhatikan kata-kata ini: Bangsa yang tidak mengenal ALLAH...berarti demikian itu sama saja dengan kafir, bukan? Betul apa tidak? Sedangkan sejauh yang kita tahu yang menyalibkan Yesus justru orang Yahudi, dan orang-orang Yahudi adalah orang yang beragama, orang yang berkata: Aku mengenal Allah, aku mengenal Tuhan.

    Itulah mengapa, Alkitab ingin menegaskan Banyak orang yang mengaku sudah mengenal ALLAHnya tapi sesungguhnya tidak!..mereka berseru TUHAN -TUHAN..tapi tidak dapat melaksanakan kehendakNYA, banyak orang yang tahu ALLAH itu ada dan percaya Kepada ALLAH yang Esa, tapi sesungguhnya masih banyak diantara mereka/kita yang tidak tahu secara pribadi who really is He,

    Bahkan Yesus pun tidak segan-segan mengatakan kepada ahli-ahli Taurat dizamannya dan ahli-ahli kitab (orang-orang yang membaca ALkitab setiap hari) bahwa mereka semua adalah orang-orang yang MUNAFIK, dan orang-orang yang menyangkal ALLAH nya. Belakangan kita tahu bahwa orang-orang inilah yang menolak Bapa maupun Anak waktu itu.

    BalasHapus
  4. Maka demikian dari kesemua itu, carilah TUHAN mu dengan sepenuh hatimu, seperti kerinduan nabi-nabi yang tertuang didalam Mazmur dalam Perjanjian lama

    Mazmur 119:2
    Berbahagialah orang yang mengikuti perintah-Nya, dan dengan segenap hati berusaha mengenal TUHAN.

    Mazmur 119:174
    Aku rindu kepada keselamatan dari padaMU, ya TUHAN,

    Mazmur 119:176
    Aku sesat seperti domba yang hilang, maka carilah hambamu ini, sebab perintah perintahMU tidak kulupakan

    Dan Yehezkiel dalam Perjanjian Lama kemudian menjawab kerinduan itu:

    Yehezkiel 34:11-12
    Sebab beginilah firman TUHAN ALLAH: dengan sesungguhnya AKU sendiri akan memperhatikan domba-dombaku dan akan mencarinya. Seperti seorang gembala mencari domba-dombanya pada waktu domba itu tercerai dari kawanan dombanya, begitulah AKU akan mencari domba-dombaKU dan AKU akan menyelamatkan mereka dari segala tempat, kemana mereka diserahkan pada hari berkabut dan hari kegelapan.

    Dengan demikian, ayat diatas menjelaskan kepada kita dengan jelas, bahwa TUHAN sendiri yang akan memperhatikan domba-domba/ umatNYA dan akan mencarinya. TUHAN sendirilah yang akan datang ke dunia untuk mencari umatnya yang ingin kembali kepadaNYA dan untuk menjadi Jalan bagi manusia akan pengenalan terhadap ALLAHnya yang benar , setelah begitu banyak nya kesesatan di dunia sehingga Manusia disesatkan oleh banyaknya allah-allah palsu atau illah jaman ini.

    2 Korintus 4:4
    Yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh illah jaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya injil tentang kemuliaan Kristus yang adalah gambaran ALLAH

    Karena kasihNYA kepada manusia, maka TUHAN sendirilah yang akan menjadi jalan bagi kita didunia dalam wujud manusia bernama YESUS.

    Yohanes 14:6-11
    Kata Yesus kepadanya: ”Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal BapaKu.Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat dia

    BalasHapus

Terima kasih, biarkanlah komentar/tanggapan yang akan anda tulis tidak berdasarkan kebencian, kedengkian, atau rasa permusuhan. Tetapi biarkanlah apa yang anda tulis dapat menjadi bahan perenungan, kekuatan, dan sebagai kesaksian anda.
SILAHKAN TULIS KOMENTAR ANDA :

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.